Sabtu, 10 Februari 2024

Cara memberikan komentar di media sosial.

Pertama yang anda lakukan adalah Belajarlah berkomentar dengan sopan. Belajar memuji postingan atau unggahan video dari seorang artis atau content creator. Misalnya jika ada unggahan video musik atau lagu yang sangat bagus, video komedi, atau juga postingan berupa artikel yang sangat bagus sekali-sekali berikanlah pujian. Lalu Bagaimana jika ada unggahan video yang tidak Anda sukai?  Misalnya ada video lagu yang kurang bagus, atau gender musiknya tidak Anda sukai atau juga video komedi kurang lucu, video mistis yang tak masuk akal, dan lain-lain, caranya sangat sederhana yaitu Janganlah ditonton video tersebut.

Dan jangan coba-coba Memberikan komentar miring terhadap video tersebut. Dan jangan sok-sokan menjadi dewan juri. Kecuali Anda ditunjuk menjadi dewan juri. Ingat, setiap artis maupun konten kreator pasti ada fans fanatiknya. Jika anda memberi komentar miring terhadap unggahan video yang banyak penggemarnya, Anda harus siap-siap kena semprot dari penggemarnya.

Kecuali ada postingan atau video yang melecehkan agama, video kekerasan, video porno, barulah hal itu patut dilaporkan ke KPI atau ke menu media sosial dengan cara mengklik "laporkan" agar video tersebut dihapus atau dicekal. Atau agar pengguna sosial media tersebut diblokir oleh admin. Lalu Bagaimana jika ada postingan atau unggahan video yang menantang seseorang atau kelompok? Atau juga artikel maupun video yang berisi ujaran kebencian, fitnah, hoax, apalagi dengan jelas menyebut nama seseorang maupun kelompok, hal itu sudah seharusnya ditindaklanjuti secara hukum. Dan yang melaporkannya haruslah Orang yang bersangkutan atau orang yang telah dicemarkan nama baiknya. Kalau pelecehan agama, seharusnya dilaporkan oleh orang yang merasa agamanya dilecehkan

Dan sebaliknya, jika ada video atau postingan yang menyinggung seseorang, tapi tidak menyebut nama seseorang atau kelompok, anda tidak berhak melaporkannya. Karena bukan videonya yang salah atau postingannya yang salah tapi mungkin saja Anda adalah orang yang terbawa perasaan dan mudah tersinggung.

Tidak ada komentar: