Minggu, 25 Desember 2016

Daftar Nama Nama Penyanyi Pop Mandarin Versi Indonesia (Bag 1)

Di era 1990-an sepertinya lagu-lagu Indonesia didominasi oleh lagu-lagu pop yang berirama Mandarin. Contohnya Mario yang sangat sukses dengan album pertamanya yang berjudul Cintaku Hanya Untukmu yang diproduksi oleh ML Record  pada tahun 1981. Walaupun lagu-lagu Mario hampir semuanya merupakan lagu dari negara Mandarin, namun semua lagunya bisa diterima di masyarakat saat itu hingga sekarang. Bukan hanya ML Record yang memproduksi lagu pop Mandarin. Hampir semua studio rekaman sepertinya berlomba-lomba memproduksi lagu Mandarin. Sebut saja Naviri Record yang sukses mencetak penyanyi pop Mandarin seperti Nia Lavenia dengan album pertamanya Cinta Lahir Bhatin. Disusul dengan album berikutnya Melodi Memori yang diambil dari soundtrack serial Justice Bau.
            
Sementara perusahaan kaset Blackboard sangat gemar merekam suara emasnya Yuni Shara. Lagu Yuni Shara yang sangat Hits adalah ketika Yuni Shara menyanyikan lagu Soundtrack serial Return Of The Condor Heroes tahun 1983 yang tayang di Indonesia pada tahun 1995. Diambil dari lagu He Ze Zai Xia Jian.Kemudian tahun 2017 Yuni Shara kembali menyanyikan lagu Segalanya Aku Milikmu yang diambil dari lagu Hua Tong milik dari penyanyi Michael Wong.
              
Kemudian album perdana Mery Andani adalah Dinding Pemisah yang diambil dari lagu Lai Sen Yen milik Andy Lau pada tahun 1990. Album tersebut diproduksi oleh Hp Record pada tahun 1993 dan didistribusikan oleh Blackboard Indonesia. Meskipun lagu Dinding Pemisah adalah saduran dari lagu Mandarin asli yang berjudul Lai Sen Yen milik Andy Lau, namun lagu ini bisa diterima di masyarakat. Sebelum menjadi penyanyi pop Mandarin, Mery Andani atau penyanyi yang memiliki nama asli Mariam Syarifah memulai debutnya di jalur Slow Rock. Lagu "Sinarilah" ciptaan Dedy Dores pernah menjadi lagu andalan Mery Andani. Sementara lagu dua hati terjerat cinta dan lagu mobil asmara adalah lagu andalannya di salah satu album yang diproduksi oleh Golden Hand Studio. Kalau di Musica Studio, Mery Andani membentuk grup vokal yang bernama Kwartet Girl yang beranggotakan empat gadis diantaranya Mery Andani, Anis Marsela, Baby Ayu, dan Nini Carlina dengan lagu andalannya Anak Mama. Album Mery Andani bukan hanya beredar di Indonesia tetapi juga beredar di Malaysia berkat Studio Incitec Enterprise sejak tahun 1993.

 

Tidak ada komentar: